emzhet warehouse

warehouse of articles and theses

Selasa, 08 Juni 2010

Hubungan Metode Mengajar Karyawisata pada Mata Pelajaran Geografi dengan Minat Belajar Siswa Kela

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Pendidikan merupakan faktor utama dalam kehidupan manusia, karena kehadiran manusia sebagai mahluk yang senantiasa berkembang yang tidak lain perkembangan tersebut adalah proses pendidikan. Oleh karena itu disadari sepenuhnya bahwa masalah pendidikan adalah maslah peningktan kualitas manusia yang pada gilirannya persoalan kualitas bangsa yang berkualitas.

Persoalan peningkatan kulaitas adalah bagaimana meningkatakan proses belajar mengajar agar berlangsung lebig efektif dan bermakna sesuai dengan tujuan pembelajaran pada setiap mata pelajaran yang telah dirumuskan dalam kurikulum pendidikan. Sehingga peserta didik dapat mengaktualisasikan potensi dirinya yang menyangkut kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor. Oleh karena pendidikan berkenaan dengan upaya pembinaan manusia, maka keberhasilah pendidikan sangat tergantung pada manusianya.

Anonimnya dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional telah tercantum tentang tujuan Pendidikan Nasional, adalah :

Pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. (UU Sikdinas, 2003: 6).

Sementara itu, minat sebagai salah satu komponen dalam proses belajar mengajar besar pengaruhnya terhadap belajar sebagai suatu daya untuk memperhatikan, melakukan konsentrasi terhadap pelajaran atau bidang-bidang study yang sedang diikuti daslam mengundang rasa senang, gairanh dan semangat belajar sehingga efektifitas pelajaran dapat dicapai dengan baik.

Begitu pula sebaliknya, kurangnya minat terhadap pelajaran akan menumbuhkan kesan kurang senang terhadap berbagai aktifiatas di sekolah secara keseluruhan. Rasa benci, dendanm, mogok belajar, acuh tak acuh, bolos dan malas ke sekolah atau dengan kata lain mengalami kesulitan belajar.

Guru sebagai salah satu faktor pendukung dalam pencapaian hasil belajar hendaknya senantiasa mampu dan siap merancang kegiatan belajar yang berhasil guna dan berdaya guna. Untuk merealisasikan hal tersebut, pengajar memerlukan pengetahuan yang memadai mengenai prinsip-prinsip mengajar sebagai dasar dalam menyusun rancangan kegiatan belajar mengajar yang salah satunya adalah memilih penyajian bahan pelajaran yang tepat.

Untuk mengetahui seberapa besar adanya hubunga metode mewngajar dengan minat belajar siswa dianggap perlu untuk melakukan penelitian yang berjudul “Hubungan Metode Mengajar Karyawisata pada Mata Pelajaran Geografi dengan Minat Belajar Siswa Kelas II SMP Negeri 3 Majene”.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, permasalahan yang akan diteliti sebagai berikut :

1. Seberapa besar minat belajar siswa Kelas II SMP Negeri 3 Majene mata pelajaran geografi yang diajar tanpa menggunakan metode belajar karayawisata?

2. Seberapa besar minat belajar siswa Kelas II SMP Negeri 3 Majene mata pelajaran geografi yang diajar dengan menggunakan metode belajar karyawisata?

3. Apakah hubungan yang signifikan antara metode mengajar karyawisata dengan mata pelajaran Geografi terhadap minat belajar siswa Kelas II SMP Negeri 3 Majene?

C. Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah yang telah diutarakan, maka tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini sebagai berikut :

1. Untuk memperoleh gambaran minat belajar siswa Kelas II SMP Negeri 3 Majene terhadap mata pelajaran geografi yagn diajar tanpa menggunakan metode belajar karyawisata.

2. Untuk memperoleh gambaran minat belajar siswa Kelas II SMP Negeri 3 Majene terhadap mata pelajaran geografi yang diajar dengan menggunakan metode beljar karyawisata.

3. Untuk mengetahui terdapatnya hubungan yang signifikan antara metode mengajar karyawisata pada mata pelajaran geografi terhadap minat belajar siswa Kelas II SMP Negeri 3 Majene.

D. Manfaat Hasil Penelitian

Adapun manfaat yang ingin dicapai dalam penelitian ini sebagai berikut :

1. Sebagai masukan bagi para siswa untuk membiasakan diri belajar secara aktif, minimal mencari dan menemukan sendiri jawaban dari setiap permasalahan yang ditemukan dalam belajar.

2. Sebagai bahan masukan bagi guru, khususnya guru bidang studi geografi mengenai pentingnya memilih metode mengajar yang efektif dalam mengajar.

3. Sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan strategi pembelajaran geografi khususnya pada sekolah lanjutan tingkat pertama.

4. Untuk bahan bacaan kepustakaan dan referensi bagi penelitian selanjutnya untuk jenis penelitian yang relevan.

5. Sebagai bahan perbandingan bagi penelitian pokok bahasan yang lain.


Download selengkapnya...

0 komentar:

Posting Komentar