emzhet warehouse

warehouse of articles and theses

Selasa, 08 Juni 2010

pengaruh kasih sayang orang tua terhapa kecerdasan anak

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Keluarga merupakan lembaga pertama dalam kehidupan anak, tempat ia belajar dan menyatakan diri sebagai mahluk sosial. dalam keluarga, umumnya anak ada dalam hubungan interaksi yang intim. Segala sesuatu yang diperbuat anak mempengaruhi keluarganya dan sebaliknya. Keluarga memberikan dasar pembentukan tingkah laku, watak, moral dan pendidikan kepada anak. Ada adagium yang mengatakan bahwa anak ketika lahir dalam keadaan kosong, dan orang tualah yang menentukan pertumbuhan dan perkembangan anak tersebut.

Di samping keluarga sebagai tempat awal bagi proses sosialisasi anak, keluarga juga merupakan tempat sang anak mengharapkan dan mendapatkan pemenuhan kebutuhan. Kebutuhan akan emosional telah dimiliki bayi sejak lahir. Perkembangan jasamani anak tergantung kepada keluarga. Berdasarkan hal ini, maka dapat dikatakan bahwa orang tua memiliki peranan yang penting dalam membina dan mendidik anaknya. Namun kenyataannya dalam melakukan pembinaan tersebut baik secara sadar maupun tidak sadar, orang tua dapat rasa ketidak pastian dan rasa bersalah, atau karena ketidaktahuannya mendidik dan memahami perkembangan kejiwaan anak sehingga orang tua dapat menghambat kecerdasan anak

Setiap anak memiliki potensi yang dibawa sejak kelahirannya. Potensi tersebut dapat ditingkatkan, dikembangkan demikian sebaliknya potensi tersebut dapat tidak tersalurkan sehingg tidak berkembang dengan baik. Berdasarkan hal tersebut, maka orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk sikap dan prilaku anaknya. Anak yang mendapat perhatian dan pendidikan yang tepat, maka akan menjadikan anak yang memiliki integritas. Demikian sebaliknya orang tua yang tidak menempatkan pendidikan yang tepat bagi anaknya, akan menjadikan anaknya tidak dapat berkembang dengan baik, dan tidak dapat memanfaatkan potensi yang dimilikinya.

“Anak, keluarga dan masa depan bangsa merupakan tiga hal yang saling berkaitan. Di antara tiga hal itu keluarga mempunyai kedudukan kunci dan sentral”.(Kartono, 1992: v). Perkembangan dimulai dan dimungkinkan dalam keluarga, oleh karena itu pula pengaruh keluarga amat besar pada proses perkembangannya, pada pengembangan potensi, pembentukan potensi anak, dan peningkatan kecerdasan anak.

Banyak anak pada dasarnya ia memiliki kecerdasan, tetapi tidak mendapat kasih sayang penuh dari orang tuanya sehingga ia tidak menampakkan kecerdasan tersebut. Hal ini menurut dugaan penulis di sebabkan oleh faktor keluarga, dalam hal ini suasana kehidupan keluarga yang tidak harmonis, khsusnya menyangkut pemberian kasih sayang orang tua. Dan faktor hubungan kejiwaan yang tercermin dalam interaksi antara anggota keluarga, khususnya sikap dan perhatian orang tua terhadap anak yang mempengaruhi kecerdasan anak.

Dari uraian tersebut, diduga kecerdasan anak di sekolah berkaitan dengan pemberian kasih sayang orang tua. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik untuk mengkaji secara ilmiah mengenai pengaruh kasih sayang orang tua terhapa kecerdasan anak. Urgensi tulisan ini dapat menjadi bahan pelajaran bagi orang tua, praktisi pendidikan anak, mahasiswa sebagai baha rujukan dalam melihat betapa kuat pengaruh kasih sayang orang tua dalam mengembangkan kecerdasan anak.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka penulis mengajukan permasalahan pokok sebagai berikut:

1. Bagaiman mengidentifikasi anak yang cerdas ?

2. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kecerdasan anak ?

3. Bagaimana pengaruh kasih sayang orang tua terhadap kecerdasan anak ?

C. Tujuan Penulisan

Adapun tujuan penulisan ini adalah sebagai berikut:

1. Untuk mengetahui identifikasi anak yang cerdas

2. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kecerdasan anak ?

3. Untuk mengetahui pengaruh kasih sayang orang tua terhadap kecerdasan anak ?

D. Manfaat Penulisan

Hasil penulisan diharapkan memberikan manfaat:

1. Manfaat teoritis

a. Sebagai masukan yang bermanfaat untuk pengembangan ilmu dalam rangka peningkatan pemahaman tentang pengaruh kasih sayang orang tua terhadap kecerdasan anak, terutama orang tua murid dan guru.

b. Sebagai literatur bagi penulisan berikutnya dalam rangka peningkatan terhadap kecerdasan anak.

2. Manfaat praktis

a. Sebagai bahan masukan berharga bagi penulis selaku mahasiswa calon tenaga pendidik, sehingga dapat dijadikan acuan dalam bertugas, agar menjadi tenaga pendidik yang profesional.

b. Sebagai bahan perbandingan dan landasan dalam melakukan penulisan selanjutnya.


download selengkapnya...

0 komentar:

Posting Komentar