emzhet warehouse

warehouse of articles and theses

Selasa, 08 Juni 2010

upaya peningkatan bimbingan terhadap siswa cerdas dan berbakat

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pendidikan menurut Undang-undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional adalah “usaha sadar yang dilakukan untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, atau latihan agar peserta didik tersebut berperan dalam kehidupan masa depannya”. Pendidikan adalah usaha sadar untuk menumbuh kembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) melalui kegiatan pengajaran.

Berdasarkan definsi pendidikan sebagaimana kutipan di atas, maka selain pengajaran dan latihan dalam pendidikan juga diperlukan adanya bimbingan. Bimbingan adalah bagian penting dari pengajaran, sebab upaya pengajaran tanpa bimbingan adalah bukanlah pengajaran yang ideal. Salah satu bentuk bimbingan yang perlu dilakukan adalah terhadap anak yang cerdas dan berbakat. Hal ini penting karena kenyataan bahwa anak cerdas dan berbakat memempunyai kebutuhan luar biasa dan kehausan akan ilmu pengetahuan, memerlukan perhatian khusus dalam pengembangan potensinya.

Upaya peningkatan bimbingan terhadap siswa cerdas dan berbakat adalah juga sebagai konsekuensi dari tujuan pendidikan untuk memberikan pelayanan pada peserta didik sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan maupun sesuai dengan kondisi dan kebutuhan lingkungannya. Maka pelayanan pendidikan khusus bagi mereka yang cerdas dan berbakat sudah merupakan suatu tuntutan, sebab jika mendapat pembinaan yang tepat yang memungkinkan mereka mengembangkan kecerdasan dan keberbakatan serta kemampuan mereka secara utuh dan optimal mereka dapat memberi sumbangan yang luar biasa kepada masyarakat. Jika tidak mereka akan menjadi underachiever dan hal ini tidak saja merugikan dirinya, tetapi juga merugikan masyarakat yang kehilangan bibit unggul untuk pembangunan bangsa.

Siswa cerdas dan berbakat tumbuh dari proses interaktif antara lingkungan yang merangsang kemampuan pembawaan dan prosesnya. Bimbingan dan pengembangan potensi pembawaan ini akan paling mudah dan efektif jika dimulai sejak usia dini dan memerlukan perangsangan serta tantangan seumur hidup agar dapat mencapai perwujudan (aktualisasi) pada tingkat tinggi dengan kata lain siswa cerdas dan berbakat memerlukan program yang sesuai dengan perkembangannya.

Untuk mendukung upaya bimbingan terhadap siswa cerdas dan berbakat, maka perlu dirancang program bimbingan khusus agar mereka dapat menunjukkan peningkatan yang nyata dalam prestasi sehingga tumbuh rasa kompetensi dan rasa harga diri. Dengan pogram khusus mereka belajar lebih efisien, mereka mengembangkan keterampilan, memecahkan masalah dengan baik dan mampu melihat solusi dari berbagai sudut pandang. Mereka dapat menggunakan pengetahuan mereka sebagai latar belakang untuk belajar tanpa batas.

Beradasarkan konfigurasi pemikiran diatas, mendorong penulis untuk melakukan penulisan tentang upaya peningkatan bimbingan terhadap siswa cerdas dan berbakat, dengan harapan para guru dan orang tua dapat lebih meningkatkan bimbingan terhadap para siswa yang teridentifikasi memiliki kecerdasan dan keberbakatan, dengan membuat rancangan program dalam rangka memenuhi kebutuhan mereka, sehingga dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kecerdasan dan keberbakatan yang dimilikinya.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang pemikiran di atas, maka permasalahan dalam tulisan ini adalah :

1. Bagaimana mengidentifikasi siswa cerdas dan berbakat?

2. Bagaimana peranan guru dalam membimbing siswa cerdas dan berbakat?

3. Bagaimana peranan orang tua dan masyarakat dalam membimbing siswa cerdas dan berbakat?

C. Tujuan Penulisan

1. Untuk mengidentifikasi siswa cerdas dan berbakat.

2. Untuk mengetahui peranan guru dalam membimbing siswa cerdas dan berbakat.

3. Untuk mengetahui peranan orang tua dan masyarakat dalam membimbing sisa cerdas dan berbakat.

D. Manfaat Penulisan

1. Manfaat teoritis

a. Dapat menjadi dasar bagi pengembangan pendidikan anak cerdas dan berbakat secara lebih komprehensip.

b. Dapat menjadi dasar dalam menelaah proses pengembangan kecerdasan dan keberbakatan siswa.

2. Manfaat Praktis

a. Dapat menjadi masukan bagi para orang tua,guru dalam mengembangkan kecerdasan dan keberbakatan siswa.

b. Dapat menjadi masukan bagi upaya penulisan berikutnya.


Download Selengkapnya...

0 komentar:

Posting Komentar